Sabtu, 07 Mei 2016

Patung Yesus Makin Ngetren di Berbagai Pelosok Dunia



 Singkirkan dulu ingatan tentang Patung Yesus yang sudah tiga tahun terkatung-katung di Tarutung Tapanuli Utara (Tano Batak). Di beberapa wilayah di Indonesia yang penduduknya mayoritas penganut agama Kristen atau di belahan dunia lainnya dari waktu ke waktu seakan berlomba membangun patung Yesus dengan desain dan ketinggian patung yang berbeda.
 Sebuah patung Yesus tertinggi di dunia telah dibangun di sebuahkota kecil di Polandia. Tinggi patung tersebut 50,9 meter (167 feet)  lebih tinggi 12,8 meter dari patung Yesus yang didirikan di Rio de Janeiro, Brazil, yang tingginya 38,1 meter (125 feet).

Patung Yesus yang dibangun di Polandia tersebut menghabiskan biaya  sebesar  £.900,000  ($1,500,000 = sekitar Rp. 13,5 miliar). Mulai dibangun pada tahun 2008 dan selesai pada bulan Nopember tahun2010. (Sumber: Dailymail).Demikian halnya di Brazil dan Praha Cheko, sudah sejak lama ada patung Yesus dengan desain artistik dan megah menjadi obyek wisata berkelas dunia.


PATUNG YESUS di TANA TORAJA, INDONESIA (40 meter)

Patung Yesus Kristus dengan ketinggian keseluruhan 40 meter, akan berdiri kokoh di atas Bukit Buntu Burake dengan ketinggian bukit 1.100 meter dari permukaan laut (dpl). Pembangunan ini sudah dikerjakan sejak tahun 2013, dengan anggaran tahap pertama sekitar Rp 1,9 miliar. Selanjutnya pembangunan landasaan patung dikerjakan tahun 2014 dengan anggaran Rp 3,8 miliar

Menurutnya saat ini tinggi bangunan bawah atau landasan patung setinggi 17 meter dan tinggi 23 meter. Sehingga, tinggi keseluruhan patung mulai dari bangunan bawah hingga ujung atas mencapai 40 meter. 

Jika tidak ada aral melintang, patung Yesus Kristus berukuran raksasa itu  diresmikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja, pada 31 Agustus 2015.
 (berbagai sumber)
Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brazil. Patung memiliki tinggi 38,1 meterdan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tujuca, yang menghadap ke kota (Sumber: Wikipedia).


Patung Yesus di Brazil =

 Patung “Yesus Memberkati” adalah sebuah monumen Yesus Kristus yang terletak di kota Manado, Indonesia. Monumen ini memiliki tinggi 50 m dari permukaan tanah, dimana patungnya sendiri memiliki tinggi 30 meter dan 20 meter adalah tinggi penopangnya. Monumen ini terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja dan terletak pada bukit tertinggi di daerah perumahanCitraland Manado. Monumen ini menjadi ikon terbaru Kota Manado. (Sumber: Wikipedia).
Patung Yesus di Manado =
Patung Yesus tertinggi di Polandia =

PATUNG YESUS di DILI, TIMOR LESTE (27 meter) PATUNG YESUS di MANADO, INDONESIA (30 meter) 
 Patung “Kristus Raja” di puncak bukit Fatucama, Dili, negaraTimor Leste. Patung tersebut berdiri tegak dan menghadap langsung pada jantung Timor Leste. Mochamad Syailillah (lulusan seni rupa ITB) atau di sapa Bolil adalah pematung yang membuat patung Yesus tersebut.  Ide / penggagas pembuatan patung ini berasal dari Gubernur Timor Timur Jose Osario Soares dan diterima dengan baik oleh Presiden Soeharto dan menjadi kado ulang tahun integrasi Timor Timur ke Indonesia. Kini, Timor Timurdengan wilayah seluas 14.615 km persegi,  menjadi negara Timor Leste. (Sumber: Ziarah/ dilansir Cahaya Manado
Patung Yesus meredakan badai di Bukit Siatas Barita hiasan
religius Rumah Kapal = (Foto:Leonardo TSS) =
Patung Yesus di STAKPN Silangkitang Taput, dibangun megah
pada masa kepemimimpinan Ibelala Gea  jadi ketua.=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar