Jumat, 29 Januari 2016

Mustika Kembar Dalam Sebuah Kelapa

Ini batu kelapa kembar dalam satu kelapa, tampak benar-benar melekat pada
kedua ujung kelapa yang masih segar =

BATAKINDONEWS.COM - Suasana ramai di Kantor Imigrasi di Jalan Mangkubumi, Medan, Jumat (29/1), berubah makin ramai dengan perbincangan tentang batu mustika kelapa. Puluhan orang yang sedang jenuh karena merasa kelamaan mendapat giliran untuk pemotretan itu, asyik mengajukan argumen dan pengalaman masing-masing seputar batu kelapa yang diyakini punya khasiat mistis untuk keberuntungan seseorang.
Pasalnya, pada siang hari itu ada seorang ibu muncul memegangi kelapa yang sudah terbelah dua. Awalnya tak begitu mendapat perhatian. Tapi ketika ibu itu mendatangi orang-orang yang duduk di bangku antrean, ibu itu menunjukkan benjolan putih pada kedua sisi ujung bagian dalam kelapa. Benjolan itu berupa batu putih seperti lazimnya dikenal sebagai mustika kelapa yang digemari banyak orang.
Ibu itu tanpa basa-basi menunjukkan kedua belahan kelapa yang tampak masih baru itu, dan kepada salah seorang yang duduk ibu itu menawarkan, kalau berminat maharnya "hanya" Rp 2 juta. Ada seorang ibu yang menawar lebih murah Rp 150.000. Tapi ibu itu senyum menggeleng kepala.
Lalu salah seorang ibu yang duduk menunggu di kursi antrean tanpa pikir panjang menawar mahar yang ditawarkan ibu pemilik kelapa itu, menjadi Rp 200.000. Entah kenapa, walau sudah ada yang menawar lebih tinggi Rp 500.000, ibu itu cenderung memberikan belahan kelapa berisi "mustika" itu kepada si ibu yang duduk di kursi pengurusan paspor.
"Batu seperti ini sangat langka ditemukan, ada dua sekaligus dalam satu kelapa. Ini kebetulan saya temukan saat membelah kelapa," kata si ibu yang mengaku tinggal di Deli Tua.
"Boleh diperiksa keasliannya sekarang,kalau tak asli tak usah diberi maharnya," ujarnya pula.
Akhirnya jadilah ibu pengurus paspor itu bersama anaknya menjadi pemilik kelapa berisi mustika batu itu. Dari Rp 2 juta menjadi Rp 200.000.
Sebelum pergi, ibu berpakaian seadanya itu masih sempat berkata," mustika kelapa ini cocok dipakai untuk dua orang yang bertalian keluarga, kalau tidak suami isteri, ya ayah dengan anak atau ibu dengan anak. Selamat ya Bu, ibulah tampaknya yang berjodoh memilikinya."
Tak sempat diperhatikan kemana ibu pemilik kelapa itu pergi. Ketika si ibu pembeli mau menunjukkannya atas pertanyaan dua wanita muda di belakangnya, ibu "misterius" itu sudah menghilang.
"Kalau ada lagi yang mau beli dari ibu, apa masih dikasi," tanya seorang ibu lainnya yang duduk di kursi antrean.
 Ibu pembeli mustika itu tersenyum." Saya mau coba pakai dulu dengan anak saya ini bikin batu cincin. Tapi kalau tak cocok nanti ya siapa tau saya lepas lagi, tapi harganya tentu tak sama dengan mahar yang tadi." Ibu itu pun tertawa ketika orang BATAKINDONEWS.COM juga mengatakan minatnya terhadap batu kembar itu. Tak jelas diketahui, apakah mustika kelapa kembar yang dibelinya itu original atau rekayasa. (ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar