Selasa, 21 April 2015

Sekda Taput Tinjau UN : SMK Harus Siap Pakai




Sekda Edward Tp Bolon bersama Fatimah Hutabarat dan Wakapolres berbincang
saat peninjauan UN di SMA I Siborongborong. (dok.Leonardo/rel)

  Suasana Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara berlangsung aman dan lancar. Terasa ada nuansa ketegangan di kalangan siswa peserta UN, seperti biasanya. Wajah-wajah serius tampak mewarnai para peserta, lebih bersemangat danberusaha memompakan optimisme di hati masing-masing. Beberapa siswa peserta UN di Tarutung dan Siborongborong saat berbincang dengan Majalah Online SARINGAR.Net menunjukkan antusiasme mereka untuk bisa menjalani UN ini dengan sukses.
  Bupati Tapanuli Utara diwakili Sekretaris Daerah Edward Tampubolon, SE bersama muspida plus meninjau pelaksanaan UN di hari kedua kebeberapa sekolah di Kecamatan Siborongborong, yakni SMK Negeri 1 Siborongborong, SMA Negeri  2 Siborongborong, SMA dan SMK Dharma Bhakti dan SMA Negeri 1 Siborongborong, Selasa (14/4).
  “Peningkatan mutu pendidikan di daerah kita ini adalah tugas kita bersama. Guru dan orangtua memiliki andil besar dalam membentuk apa dan siapa anak didik kita kelak. Untuk sekolah tingkat SMK agar pembuatan jurusan semakin terpadu dan spesifik. Sebagai contoh, jurusan tataboga, tatarias dan tata busana satu klasifikasi, khusus satu SMK dan SMK yang lain khusus teknologi. Tetapi, semuanya saya kembalikan kepada kepada Dinas Pendidikan yang akan menyesuaikan kepada kebutuhan masyarakat,” ujar Bupati yang diwakili Sekda dalam sambutannya.
  Bupati menekankan, bahwa anak didik yang dihasilkan sekolah SMK harus siap pakai dan langsung bisa bekerja, dibekali dengan kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhkan masyarakat. “Jangan sia-sia anak yang kita luluskan kalau tidak bisa diterima bekerja dimana-mana. Tujuan orangtua memasukkan anaknya masuk  SMK, kebanyakan karena keinginan untuk bisa langsung bekerja dan tidak melanjut ke kuliah. Jadi tempa anak-anak kita menjadi lulusan-lulusan yang siap pakai,” ujar sekda.
  Wakil Ketua DPRD Reguel Simanjuntak pada kesempatan itu menggambarkan bahwa SMK Negeri 1 Siborongborong dulunya memiliki green house, tetapi untuk saat ini sudah tidak ada. “Kami sangat mengharapkan green house ini diadakan kembali sehingga siswa/I dapat melakukan pembibitan sehingga bibit-bibit tanaman berkualitas bisa dihasilkan sekolah ini, tidak lagi kita cari jauh-jauh,” ujar Reguel yang sudah tiga priode menjadi anggota DPRD Tapanuli Utara.
  Turut mendampingi  dalam peninjauan ini, Dandim 0210 Tapanuli Utara Letkol Inf Baginta Bangun, Wakapolres Tapanuli Utara Kompol Bernard Turnip, Wakil Ketua DPRD Taput Reguel Simanjuntak dan Fatimah Hutabarat, Asisten II Osmar Silalahi, Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan, Kadis Perhubungan Rudi Sitorus dan Kabag Humas dan Keprotokolan Donna Situmeang. (Leonardo TSS/rel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar