Kamis, 16 April 2015

12 Kelompok Tani Taput Dihadiahi Handtractor dari TPL


  
Gembiranya petani saat panen raya. Bupati Nikson Nababan terobsesi menjadikan
Tapanuli Utara lumbung pangan.= (dok. SARINGAR.Net) =

   Para petani yang tergabung dalam kelompok, bolehlah bergembira. Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan menyerahkan bantuan berupa handtractor (jetor) sebanyak 12 unit kepada 12 kelompok tani di Kabupaten Tapanuli Utara, di Aula HKBP Pagaran,Rabu (15/4).  Bantuan ini berasal dari dana Community Development (CD) dari PT.Toba Pulp Lestari  perusahaan yang mengelola pulp kertas di Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Itu jangan dianggap bahwa PT TPL yang selama ini menuai kecaman masyarakat, mengambil hati dengan pemberian bantuan tersebut. Hal itu sudah menjadi komitmen dengan kabupaten yang ada di kawasan itu, dalam bentuk CD.
   “Saya sangat mengharapkan pengawasan ketat akan penggunaan bantuan handtractor ini. Bagi ketua kelompok tani yang menerima saat ini agar mengutamakan anggota yang paling membutuhkan. Dimanfaatkan dengan baik dan dipelihara sesudah dipakai sehingga mesin handtractor ini bisa awet. Apabila ada yang menyalagunakan bantuan ini agar segera ditindak tegas,” ujar Bupati saat acara penyerahan.
  Bupati mengatakan bahwa bantuan tractor ini sangat membantu dalam mewujudkan visi menjadikan Tapanuli Utara menjadi lumbung pangan. “Mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan baik, kita harus buat pihak yang memberi bantuan merasa bahwa bantuannya sangat bermanfaat bagi kita, sehingga kedepan bantuan dana CD ini akan semakin besar, kalau bisa mesin tractor yang lebih besar yang bisa membuka lahan yang baru. Jadi manfaatkan lahan-lahan ini untuk lebih produktif,” ujar Nikson menekankan.
  Bupati juga menambahkan bahwa petani yang ada di Tapanuli Utara  sekarang ini juga tidak perlu khawatir karena di samping adanya pupuk bersubsidi, Pemkab Taput juga telah memerintahkan Perusahaan Daerah (Perusda) untuk menampung semua hasil pertanian yang harga dipasaran sangat jatuh. “Perusda akan membeli hasil pertanian kita diatas modal yang  petani sehingga petani tidak merugi,” paparnya.
  Mewakili Tim Independen, Ir. Hasudungan Butarbutar menyampaikan bahwa bantuan dari dana CD PT. TPL ini diharapkan tepat sasaran, bermanfaat bagi masyarakat dan benar-benar digunakan sesuai kebutuhan. “Handtractor ini harus dipelihara usai dipakai, jangan hanya digunakan menggarap lahan tetapi tidak ada pemeliharaan mesin, karena  akan cepat rusak. Jadi manfaatkan dengan baik, dan pelihara juga dengan baik. Dengan demikian, kerjasama ini akan berjalan dengan baik kedepan. Dana CD yang diperuntukkan ke Kabupaten Tapanuli Utara mulai tahun 2012 masih ada di pihak PT. TPL dan ini akan diserahkan secara keseluruhan nantinya. Jadi kita manfaatkan dengan baik, kita pupuk kebersamaan dan tim yang baik sehingga apa yang kita harapkan bersama bisa tercapai,” ujar Butarbutar dalam sambutannya.
  PT. TPL diwakili Juanda Panjaitan, SE dan Leo Hutabarat menyampaikan bahwa perusahaan sangat terbuka bagi mereka yang ingin tahu kegiatan di TPL. Di perusahaan ini banyak hal untuk dipelajari. Sangat terbuka kesempatan bagi anak didik dari Tapanuli Utara yang ingin tahu tentang pengetahuan industri.Karenanya, PT. TPL sangat terbuka bagi siapa saja, juga pihak Pemkab Tapanuli Utara yang ingin study tour ke perusahaan itu. “Kami terbuka dan dana CD yang menjadi hak setiap Kabupaten sekeliling akan kami serahkan,” ujar Butarbutar.
  Kelompok tani penerima bantuan handtractor masing-masing dari Kecamatan Pagaran, Kecamatan Parmonangan, Kecamatan Sipahutar dan Kecamatan Siatas Barita sebanyak 12 Kelompok tani yakni kelompok tani Sepakat, Kelompok tani Bersaudara, Kelompok Tani Perubahan, Kelompok Tani Lamringgas, Kelompok Tani Limanjaya, Kelompok Tani Pasada, Kelompok Tani Sehat Mual Batu, Kelompok Tani Sehati dan Kelompok Tani Gabe Jaya.
 Turut mendampingi Bupati Taput Kadis Pertanian Taput, Kadis Peternakan, Kakan Ketahanan Pangan, Kabag Program, Kabag  Humas dan Keprotokolan Donna Situmeang, Camat Pagaran, Camat Siatas Barita, Camat Sipahutar, Camat Parmonangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar