Rabu, 11 Februari 2015

(Foto News) Hobi Mancing Berlomba pun Oke !

Memancing,konsentrasi penuh = (SARINGAR.Net)

 Banyak yang hobi memancing ikan, walau lebih banyak yang tak suka. Dimana-mana gampang ditemukan orang yang gemar memancing. Tak di laut, di danau, sungai, kolam, empang, bahkan saluran tali air yang ada ikannya. Ada yang memancing memang untuk kebutuhan rumah tangga, tapi banyak juga yang cuma sekedar hobi doang. Asal ikannya sudah dapat, hati berjoget ria, senang. Terkadang tipe yang terakhir ini dapat ikannya bukannya dibawa ke rumah, tapi dikasi sama orang. Ada juga tipe pemancing yang sekedar iseng belaka. Makan ikan pun berpantang.
Di Danau Toba, setiap hari bisa dilihat orang yang gemar memancing. Bahkan pada malam hari kelihatan ada yang pergi memancing ke pinggir danau, seperti di kawasan Parapat dan Ajibata. Di banyak kios atau toko, alat pemacing dari yang harga murah sampai mahal bisa dibeli.
Di Tarutung, orang yang hobi memancing itu terbilang banyak. Tak hanya menangkap ikan dengan kail, ada juga yang langsung menebar jala, atau "manohan" (menangkap dengan tangan) bila perlu. Ke mana saja pengail mania ini pergi? Ya, macam-macam. Ada yang ke Aek Sigeaon yang mengalir membelah Rura Silindung, ada yang ke Aek Ristop sana, ke Aek Situmandi. Banyak yang pergi seharian ke arah desa Hutapea, Parbubu, Hutagalung, hingga ke Pahae. Tak di sungai, banyak juga yang mencoba rejeki cari ikan mujair atau lampan (jenis ikan pera-pera) ke kolam-kolam tak diusahai, empang, bondar (parit), pokoknya yang ada air dan ikannya.
Hobi memancing terkait sekali dengan bakat dan kesabaran. Orang yang bukan penyabar tak mungkin mau jadi pengail. Seperti halnya orang hobi memburu atau tukang perangkap burung, seorang pemancing harus siap menghabiskan waktu seharian, tanpa beban. Biasanya orang yang hidup santai, tak terikat urusan penting sehari-hari. Ketika sudah menebar tali pancing, harus konsentrasi penuh. Tak banyak bicara. Mata dan pikiran fokus pada gerakan sekecil apapun yang menyentuh umpan pada kail.
Saking pentingnya urusan pancing memancing ini, sehingga di banyak daerah di Sumatera Utara - tak cuma di Tapanuli - banyak orang terinspirasi meraup untung dengan membuka tempat pemancingan. Di Tarutung ada beberapa yang membuka usaha semacam itu, dan peminatnya lumayan banyak.
Barangkali itulah faktornya, kenapa setiap perayaan HUT Kemerdekaan ada yang menyelenggarakan kegiatan "Lomba memancing ikana" seperti sering diadakan di Tarutung (lihat foto yang diambil beberapa waktu lalu). Saat lomba memancing itu diadakan, peminatnya membeludak yang mendaftar ke panitia. Pada ajang seperti ini, para pemacing kawakan boleh menguji kepiawaiannya mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya...Wah, asyikkk! (Leonardo TSS/SARINGAR.Net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar